MOBIL MOGOK - Saat mesin mengalamai overheat, hal yang pertama terjadi adalah mesin terasa ngelitik atau batuk-batuk, dan mulai kehilangan tenaga hal ini disebabkan oleh kombinasi panas dan tekanan ruang mesin yang melebihi batas octane BBM kita. hal paling nyata terlihat di panel temperatur kontrol terlihat jarum penunjuk tempratur melebihi batas normal. tentunya pada setiap mobil ada kontrol ini. Overheat dapat menyebabkan kerusakan parah pada piston, ring piston, dan rod bearing. Selain itu, panas dan tekanan berlebih dapat membengkokan head, terutama yang terbuat dari alumunium.
Tentunya gejala panas berlebih ini ada penyebabnya. dan berikut ini adalah beberapa penyebab mesin panas/overheat yang saya ketahui. jika mesin mobil anda atau juga sepeda motor mengalami gejala overheating baca beberapa yang bisa menyebabkanya untuk menentukan hal yang harus diperiksa dan diperbaiki. jangan anggap remeh panas berlebih atau overheat pada mesin karena mesin yang panas bisa mengakibatkan kerusakan fatal pada mesin kendaraan anda.
Tentunya gejala panas berlebih ini ada penyebabnya. dan berikut ini adalah beberapa penyebab mesin panas/overheat yang saya ketahui. jika mesin mobil anda atau juga sepeda motor mengalami gejala overheating baca beberapa yang bisa menyebabkanya untuk menentukan hal yang harus diperiksa dan diperbaiki. jangan anggap remeh panas berlebih atau overheat pada mesin karena mesin yang panas bisa mengakibatkan kerusakan fatal pada mesin kendaraan anda.
Langsung saja ke bahasannya, berikut ini beberapa penyebab kasus mesin panas / Overheat. ini diantaranya disebabkan oleh hal-hal berikut ini :
Beberapa Penyebab Mesin Panas / Overheat
- Radiator tersumbat (kotor) sehingga aliran air pendingin terhambat. bisa juga sirip-sirip elemen pendingin rusak. anda perlu Menguras radiator.
- Air pendingin kurang ( mungkin akibat kebocoran atau penguapan ) Pakai Cairan Pendingin atau Radiator Coolant yang berkualitas.
- Kipas pendingin atau extra fan rusak ( terbalik, kipas elektrik mati )
- Termostat macet (rusak) cek Thermostat mobil anda.
- Bahan bakar terlalu irit ( setingan main & pilot jet ) dengan membongkar karburator.
- Paking cyliderhead/cylinderhead gasket rusak. berikut ciri Head gaket rusak.
- Kebocoran pada radiator dan selang radiator.
- Water pump tidak bekerja maksimal.
Jangan anggap remeh gejala mesin panas berlebih ini, segera periksa dan perbaiki. Overheat bisa menyebabkan piston lengket dan setang piston bengkok dan lainnya. semoga bisa membantu anda dan bermanfaat.
0 comments:
Post a Comment